Rencana Garis Kapal (LinesPlan)

Rencana Garis Kapal

rencana garis kapalPada postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan mengenai rencana garis, Kapal mempunyai bentuk yang kompleks dan badan kapal yang unik dikarenakan di kapal terdapat double curvatur dan potongan melintang yang non-homogen. tidak seperti obyek yang lain seperti silinder, kotak dan kerucut yang bisa dipresentasikan dengan menggunakan gambar ortografik sederhana. menggambar kapal membutuhkan cara yang spesial yang dipresentasikan dengan bentuk yang unik dan komplek.

Tidak hanya ditunjukkan dalam tiga pandangan ortogonal yang berbeda , garis garis lain juga dibutuhkan untuk menunjukkan bentuknya dalam penampang yang berbeda. oleh karena itu menggambar bentuk badan kapal biasa disebut dengan menggambar rencana garis kapal.

garmbar lines plan adalah garis yang mempresentasikan bentuk kapal yang terlihat dari tiga pandangan ortogonal (pandangan depan, samping dan atas). pandangan depan biasa disebut Body Plan, pandangan samping biasa disebut sheer plan dan pandangan atas biasa disebut Half Breadth Plan. karena badan kapal direpresitasikan oleh ketiga gambar maka ketiga gambar mempunyai hubungan antara satu dengan yang lain.

Gambar linesplan biasanya dibuat oleh arsitek kapal(naval architecture) sebagai informasi yang penting kapal. hal ini disebabkan oleh dua hal yaitu berhubungan dengan performa kapal dan proses desin kapal. pada performa kapal akan dihasilkan berapa power yang dibutuhkan, menunjukkan kecepatan kapal, payload (jumlah muatan), kenyamanan, stability dan sebagainya. sedangkan pada proses desain, rencana garis merupakan informasi pertama yang dibutuhkan, tanpa rencana garis, tidak ada perhitungan, desain dan pekerjaan anlisa yang dilakukan, proses konstruksi juga dapat dilakukan setelah linesplan ada.

seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa linesplan terdiri atas  3 gambar yaitu: body plan, halfbreadth  plan dan sheer plan.

Body Plan

rencana garis kapal
body plan

Body plan merepresentasikan bentu badan kapal yang dilihat dari depan atau belakang dari kapal yang terdiri atas garis garis stasion yang seperti ditunjukkan pada gambar. stasion adalah potongan melintang sepanjang kapal yang jaraknya sama, biasanya dibagi menjadi 11 atau 21 stasion dari AP. umumnya body plan diletakkan dibagian atas gambar linesplan tergantung dari ukuran dan tipe kapal.

karena beberapa bentuk kapal mempunyai bentuk yang simetris maka biasanya gambar body plan digambar separuh. pada gambar body plan juga terdapat waterline (garis air) dan buttock line yang nantinya akan digunakan refrensi untuk pandangan  pandangan yang lain.

Halfbreadth Plan

rencana garis kapal

Dalam membuat half breadth plan biasanya dilakukan dengan menggambar garis yang merepresentasikan bentuk kapal yang dilihat dari atas pada tiap tiap garis air. garis air (water line) adalah potongan garis horizontal yang memotong sepanjang kapal, biasanya waterline terbagi atas jarak yang sama , meski biasanya juga digunakan jarak setengah water line untuk bagian kapal yang bawah.

di gambar half breadth line juga menunjukkan jika kapal mempunyai bulwark (pagar), chine dan garis knuckle. garis grid nya adalah stasion dan buttock line dari kapal

Sheer Plan.

Sheer plan biasanya diletakkan di tengah atau sejajar dengan body plan. sheer plan mrepresentasikan kapal yang dilihat dari samping dari buttock lines, buttock line adalah potongan vertikal memanjang yang memotong kapal.

rencana garis kapal
sheer plan