JENIS KAPAL BERDASARKAN KEGUNAANNYA

Pembagian jenis kapal berdasarkan kegunaannya dapat ditinjau dari kegunaannya dalam berlayar. Tentunya setiap kapal memiliki perbedaan fungsi maupun tujuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pembagian kapal ini dapat terbagi menjadi kapal penumpang, kapal barang, kapal fungsional, serta kapal angkatan laut.

3.1       Kapal Penumpang

Kapal penumpang merupakan kapal jenis yang besar. Kapal jenis ini ditujukan untuk mengangkut penumpang dengan jumlah yang besar. Peredaran kapal penumpang tersebar hampir di seluruh dunia. Tetapi dibandingkan dengan kapal barang, jumlah kapal penumpang lebih sedikit jumlahnya. Kapal penumpang itu sendiri terdiri dari berbagai jenis. Diantaranya adalah kapal pesiar, kapal samudra, serta kapal feri.

3.1.1    Kapal Pesiar (Cruise Ship)

kapal pesiar

Kapal pesiar merupakan kapal penumpang yang digunakan untuk pelayaran wisata. Penumpang yang menaiki kapal pesiar akan menikmati waktu di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan hotel berbintang. Kapal pesiar juga biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang kamar, restaurant, café, bar, casino, diskotik, pub, kolam renang dan berbagai sarana lainnya.


3.1.2    Kapal Samudra (Ocean Liner)

kapal, kapal samudera
ocean liner

Kapal Samudra hampir serupa dengan kapal pesiar. Kapal Samudra merupakan jenis kapal penumpang yang besar, tetapi berbeda dalam hal rutenya. Kapal Samudra memiliki rute berlayar dari satu tempat ke tempat yang lainnya, sedangkan kapal pesiar memiliki rute yang pada akhirnya kembali menuju pelabuhan asal tempat awal berlayar.

3.1.2    Kapal Feri (Ferry)

KAPAL FERRY
kapal ferry

Kapal Feri adalah kapal yang digunakan untuk penyebrangan laut dengan mengangkut penumpang beserta kendaraannya. Jadi rute untuk kapal feri adalah berupa antar pulau yang tidak terlalu jauh antara satu pulau dengan pulau lainnya.

3.2       Kapal Barang (Freight Ship)

Kapal barang atau biasa disebut dengan Freight Ship adalah kapal yang ditujukan untuk distribusi barang dalam jumlah yg besar. Kapal jenis merupakan kapal dengan jumlah paling banyak dibandingkan dengan kapal-kapal lainnya. Selain penyebaran jumlahnya banyak, kapal barang juga memiliki jenis yang cukup banyak. Jenis kapal barang diantaranya adalah kapal peti kemas, tanker minyak, tanker bahan kimia, tanker LPG, tanker LNG, pengangkut barang curah, pengangkut mobil, pengangkut barang berat, serta kapal tongkang.

3.2.1    Kapal Peti Kemas (Container Ship)

Kapal peti kemas adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang biasanya berukuran 20 ft atau 40 ft. Kapal jenis ini memiliki rongga (cells) untuk menyimpan peti kemas dengan ukuran standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal pada terminal peti kemas dengan menggunakan crane atau derek khusus yang dapat dilakukan dengan cepat, baik derek-derek yang berada di dermaga, maupun derek yang berada di kapal itu sendiri.

3.2.2    Kapal Tanker Minyak (Oil Tanker)

kapal tanker, tanker oilKapal tanker minyak adalah kapal yang berfungsi untuk mengangkut minyak. Terdapat dua jenis kapal tanker pengangkut minyak, yaitu kapal tanker pengangkut minyak yang telah diproses dan kapal tanker pengangkut minyak mentah. Minyak-minyak tersebut diangkut pada lambung kapal. Kapal tanker biasanya memiliki banyak sekat agar mencegah kebocoran dari minyak yang diangkut.

3.2.3    Kapal Tanker Bahan Kimia (Chemical Tanker)

chemical tanker, kapal tanker kimiaKapal tanker kimia adalah jenis kapal tanker yang dirancang untuk mengangkut bahan kimia dalam jumlah besar. Bahan kimia yang dimaksud adalah yang zat didefinisikan dalam MARPOL Annex II. Kapal jenis ini juga sering membawa muatan sensitif jenis lain yang memerlukan standar pembersihan tangki yang tinggi, seperti minyak sawit, minyak nabati, lemak, soda kaustik, dan methanol.

3.2.4    Kapal Tanker LPG (LPG Tanker)

kapal LPG, lpg shipKapal Tanker LPG adalah salah satu kapal tanker gas yang difungsikan untuk membawa LPG (Liquefied Petroleum Gas). Kapal jenis ini memiliki sekat yang kokoh karena untuk menahan tekanan gas yang dicairkan saat proses pengangkutan.

3.2.5    Kapal Tanker LNG (LNG Tanker)

kapal lng, lng shipKapal Tanker LNG adalah salah satu kapal tanker gas yang difungsikan untuk membawa LNG (Liquefied Natural Gas). Kapal jenis ini biasanya memiliki empat sampai enam tangki yang terletak di sepanjang garis tengah kapal. Di dalam masing-masing tangki biasanya terdapat tiga pompa. Terdapat dua pompa kargo utama yang digunakan dalam operasi pelepasan muatan dan pompa yang jauh lebih kecil yang disebut pompa semprot. Pompa semprot digunakan untuk memompa keluar LNG cair untuk digunakan sebagai bahan bakar (melalui alat penguap), atau untuk mendinginkan tangki kargo.

3.2.6    Kapal Pengangkut Barang Curah (Bulk Carrier)

kapal bulk carrierBulk Carrier merupakan kapal barang yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara, semen, biji-bijian, bijih logam. Kapal jenis ini menempatkan muatannya di dalam sel-sel atau rongga-rongga kargo yang terpisah.

3.2.7    Kapal Pengangkut Mobil (Ro-Ro)

kapal roro, roro ship
kapal roro

Kapal Ro-Ro merupakan kapal besar yang bertugas membawa kendaraan baru melalui transportasi air. Meskipun mengangkut mobil, kapal ini berbeda dengan Kapal Feri. Kapal Feri bertugas menyebrangkan kendaraan bersama pemiliknya langsung dari suatu pulau ke pulau lainnya akibat tidak adanya jembatan penyebrangan. Sedangkan Kapal Ro-Ro bertugas menyalurkan kendaraan baru secara massal yang dipesan langsung dari produsen kepada konsumennya. Istilah Ro-Ro adalah Roll-On-Roll-Off adalah untuk mengangkut kendaraan sedangkan istilah Lo-Lo adalah Lift-On/ Lift-Off untuk angkutan barang yang harus diangkat menggunakan derek atau crane.

3.2.8    Kapal Pengangkut Barang Berat (Heavy Lift Cargo Transporter)

heavy cargo liftHeavy Lift Cargo Transporter merupakan kapal yang dirancang untuk mengangkut barang yang ukurannya superbesar melebihi ukuran yang semestinya bisa diangkut kapal-kapal pada umumnya. Barang yang dibawa bisa berupa peralatan kilang minyak ataupun kapal besar lainnya. Tempat kargo pada kapal tersebut tidak dibatasi oleh pagar sehingga memungkinkan barang bisa diangkut dari posisi manapun. Untuk mengangkut kapal besar lain seperti kapal pesiar, sebagian badan kapal pengangkut dapat ditenggelamkan (semi-submersible), kemudian kapal pesiar digeser ke atas area yang ditenggelamkan itu. Setelah kapal pesiar sudah berada di posisi yang tepat, kapal pengangkut pun mulai

mengapungkan badannya yang tenggelam itu sehingga kapal pesiar bisa terangkat dan siap diantar.

3.2.9    Kapal Tongkang

kapal tongkang, barge ship
kapal tongkang

Kapal Tongkang merupakan jenis kapal yang mengangkut barang. Kapal ini sebenarnya bukan benar-benar kapal karena tidak mempunyai mesin sendiri (self-propelled) sehingga ia harus ditarik dengan kapal tunda. Tongkang juga bisa disebut sebagai gandengan kapal.

3.3       Kapal Fungsional

Kapal fungsional adalah jenis kapal yang bukan digunakan untuk pengangkutan orang maupun barang melainkan berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas tertentu, seperti kapal untuk pekerjaan proyek, penelitian, dan lainnya.

3.3.1    Kapal Tunda (Tug Boat)

kapal tunda, tug boat
tug boat

Kapal tunda merupakan kapal kecil yang bertugas untuk memanuver kapal dengan mendorong atau menarik mereka. Kapal tunda juga dapat memindahkan kapal yang dalam suatu kondisi tidak bisa bergerak sendiri, seperti kapal-kapal di pelabuhan yang ramai atau di sebuah kanal yang sempit dan juga kapal yang memang tidak bisa bergerak sendiri, seperti tongkang, kapal yang rusak, atau platform minyak. Beberapa kapal tunda berfungsi sebagai pembuka pintu laut pelabuhan atau sebagai kapal penyelamatan.

3.3.2    Kapal Derek (Crane Ship)

Crane Ship
Crane Ship

Crane Ship merupakan kapal raksasa yang dilengkapi dengan beberapa derek raksasa pula yang bertugas untuk mengangkat barang berat ataupun membantu pekerjaan konstruksi di lepas pantai. Kapal jenis ini berukuran sangat tinggi yang mampu melebihi 100 m.

3.3.3    Kapal Pengebor (Drilling Ship)

Drilling Ship
Drilling Ship

Drilling ship adalah kapal yang dilengkapi dengan alat pengeboran. Tujuan yang paling sering digunakan adalah untuk eksplorasi pengeboran minyak baru atau sumur gas di perairan dalam atau untuk pengeboran ilmiah.

3.3.4    Kapal Pengeruk

kapal pengeruk
kapal pengeruk

Kapal Pengeruk adalah kapal penggali yang operasinya biasanya dilakukan setidaknya sebagian bawah air, di laut dangkal, atau daerah air tawar dengan tujuan mengumpulkan material dasar. Kegiatan pengerukan itu juga dapat menghasilkan bahan untuk reklamasi atau tujuan lain (biasanya terkait dengan konstruksi).

3.3.5    Kapal Penangkap Ikan

KAPAL IKAN
KAPAL IKAN

Kapal Penangkap ikan adalah kapal yang dipakai nelayan untuk menangkap ikan di laut, sungai, ataupun danau secara massal. Kapal ini digunakan oleh perusahaan nelayan kaya untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya agar lebih efisien dibandingkan menggunakan perahu kecil. Jumlah ikan yang ditangkap menggunakan jaring besar dalam satu kali berlayar bisa mencapai ribuan ton atau bahkan sama dengan persediaan untuk 3 tahun.

3.3.6    Kapal Penyelamatan (SAR)

kapal sar
kapal sar

Kapal Penyelamatan adalah kapal yang membawa petugas dan peralatan keselamatan yang bertugas menolong korban kecelakaan yang terjadi di laut.

3.4       Kapal Angkatan Laut (Naval Ship)

Kapal angkatan laut adalah kapal-kapal yang digunakan untuk operasi militer di laut. Kapal angkatan laut ini memiliki banyak jenis, diantaranya adalah Kapal Induk, Kapal Perang, Kapal Patroli, dan Kapal Selam.

3.4.1    Kapal Induk (Aircraft Carrier)

Aircraft Carrier
Aircraft Carrier

Aircraft Carrier adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Kapal ini tidak pernah berjalan seorang diri. Ia selalu dikawal kapal-kapal lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

3.4.2    Kapal Perang (Battleship)

Battleship
Battleship

Battleship adalah kapal yang dibangun dan terutama ditujukan untuk pertempuran. Kapal perang biasanya dibangun dengan cara yang sama sekali berbeda dari kapal biasa. Selain sebagai senjata, kapal perang dirancang untuk menahan kerusakan dan biasanya lebih cepat dan lebih lincah dari kapal biasa. Tidak seperti kapal biasa, kapal perang biasanya membawa senjata, amunisi dan pasokan untuk awaknya sendiri.

3.4.3    Kapal Patroli (Patrol Boat)

Patrol Boat
Patrol Boat

Patrol Boat adalah kapal angkatan laut yang relatif kecil dan umumnya dirancang untuk tugas-tugas pertahanan pesisir. Ada banyak desain untuk kapal patroli. Mereka dapat dioperasikan oleh angkatan laut suatu negara, penjaga pantai, atau kepolisian. Mereka umumnya ditemukan dalam berbagai peran perlindungan perbatasan, termasuk anti-penyelundupan, anti-pembajakan, patroli perikanan, dan penegakan hukum imigrasi. Mereka juga sering dipanggil untuk berpartisipasi dalam operasi penyelamatan.

3.4.4    Kapal Selam (Submarine)

Submarine
Submarine

Submarine adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar angkatan laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

3.4.5    Kapal Rumah Sakit (Hospital Ship)

Hospital Ship
Hospital Ship

Hospital ship adalah kapal yang membawa petugas medis dan obat-obatan dalam jumlah yang sangat banyak atau massal untuk memeriksa keadaan kesehatan dan mengobati awak-awak militer yang mengalami kecelakaan.

Sumber:

Facebook Comments
Facebook Comments