Floating crane yang ada di galangan kapal

Floating crane atau crane terapung adalah jenis dari craneyang ditempatkan diatas barge atau suatu tipe kapal yang mempunyai peralatan angkat. Dari beberapa tipe peralatan angkat, floating crane adalah salah satunya. Secara umum peralatan angkat dibedakan atas :
– Hoisting equipment
Yaitu peralatan mesin yang dilengkapi dengan mesin pengangkat untuk memindahkan suatu barang.
– Conveying equipment
Yaitu peralatan mesin yang tidak dilengkapi mesin pengangkat, tetapi bisa memindahkan suatu barang dengan menggerakkan batang tersebut secara kontinyu.
– Surface overhead equipment
Yaitu peralatan mesin yang tidak diperlengkapi dengan mesin pengangkat tetapi hanya mempunyai suatu tempat pengikatan barang agar apabila barang tersebut dipindahkan barang tersebut tidak bergerak.

Dari uraian di atas, floating crane termasuk hoisting equipment. Hoisting equipment dapat dikategorikan lagi ke dalam bermacam-macam tipe tergantung tujuan perencanaannya. Secara garis besar hoisting equipment dikategorikan atas tiga tipe yaitu :
Hoisting machine
Yaitu peralatan yang direncanakan untuk menaikkan dan menurunkan barang tanpa tergantung dari mekanisme lain seperti gerakan crane ataupun elevator, misalnya:winch pada kapal untuk mengangkat dan menurunkan jangkar (windlass).

– Crane yaitu peralatan yang direncanakan untuk menaikkan dan menurunkan barang.
Dimana dalam hal ini kerja dari peralatan tersebut merupakan perpaduan dari mesin pengangkut dan mekanisme dari suatu bentuk konstruksi. Sehingga gerakan peralatan tersebut menjadi lebih bebas.
– Elevatore
Yaitu peralatan mesin angkat yang tujuannya hanya menaikkan barang pada jalur-jalur tertentu.

Dari ketiga tipe hoisting equipment diatas, maka floating crane merupakan bagian daripada crane secara keseluruhan. Meskipun dalam hal ini peralatan yang direncanakan mempunyai sistem kerja perpaduan antara mesin pengangkat dengan konstruksi crane, juga ditambah dengan faktor barge dimana crane tersebut diletakkan.

Beberapa macam bentuk crane yang terdapat pada floating crane adalah sebagai berikut:
1. Suatu bentuk crane yang melekat tanpa bisa bergerak sedikitpun pada pondasinya. Seperti dalam gambar di bawah ini, tipe ini kurang fleksibel karena sulit dalam pengaturan posisi pada waktu melakukan pengangkatan. Tipe ini cocok untuk kegiatan pengangkatan yang berat.

Floating crane
floating crane

2. Suatu bentuk crane yang hanya bisa bergerak satu arah saja pada engsel yang melekat pada pondasi. Pengaturan posisi daripada crane dilakukan sebelum operasi pengangkutan dimulai. Yaitu berdasarkan berat benda yang diangkat dan juga jarak jangkauan yang diinginkan Seperti dalam gambar di bawah ini.

Floating crane
floating crane movable leg

3. Suatu bentuk crane yang bisa berputar pada sumbu porosnya. Dimana dalam hal ini crane bertumpu pada beberapa roda yang bisa bergerak di atas rel melingkar pada pondasi. Peralatan tersebut dalam istilah teknik disebut turntable, seperti dalam gambar di bawah ini.Tipe ini cocok untuk kegiatan pengangkatan yang tidak terlalu berat. Karena tenaga yang dipakai, disamping untuk mengangkat beban juga untuk menggerakkan posisi dari crane secara keseluruhan pada perlata yangdisebut turntable.

Floating crane
floating crane turntable

Sumber: PERENCANAAN FLOATING CRANE SESUAI KEBUTUHAN PT.XXX oleh Kus Cahya Pribadi

Facebook Comments