Kalianak tak semulus kalijodo

Akhir akhir ini muncul berita mengenai pembongkaran wilayah prostitusi kalijodo oleh gubernur Ahok yang dilakukan pada hari senin kemarin (29 Pebruari 2016) yang akhirnya berjalan lancar. Beda dengan Kalianak yang terkenal dengan jalan yang sering memakan korban jiwa karena kondisi jalan yang rusak parah. sehingga banyak lobang lobang yang tidak dihilangkan seperti lobang yang ada di kalijodo

sebagaio seorang dosen di ITS, hampir setiap hari saya melewati jalan ini, perjalanan dari Gresik ke ITS melewati jalan ini dalam hati saya berdoa “mugi-mugi selamet ya Allah” karena melewati jalan ini bagaikan telur di ujung tandung. banyak kendaraan trailer yang membuat jalan semakin parah.

hampir setiap hari ada orang yang jatuh. apalagi kalau pada malam hari, gelap, banjir, jalanan berlobang semakin membuat bulu kuduk berdiri. puncaknya kemarin ada demo yang dilakukan oleh warga sekitar memprotes kepada pemerintah untuk memperbaiki jalan kalianak (22 Pebruari 2016)

kalianak, demo
demo kalianak

Sebenarnya pihak Pemkot (bu risma) sudh angkat bicara masalah kalianak, karena wewenang untuk memperbaiki kalianak menjadi tanggung jawab pihak pemprov. sedangkan pemprov sendiri ada dana sekitar 20 M untuk mengatasi kalianak tidak cukup untuk membebaskan lahan di kalianak karena warga meminta kompensasi pembebasan lahan yang terlalu mahal. adapun yang memperparah kondisi di kalianak menurut saya adalah sebagai berikut:

  1. banyaknya kendaraan besar yang lewat melebihi beban sehingga membuat jalanan rusak
  2. tidak lancarnya saluran air yang membuat genangan air di jalan membuat kondisi jalan kalianak semakin parah
  3. Material jalan yang terbuat dari aspal membuat jalan cepat rusak, usul saya lebih baik dibuat dari beton cor
  4. tidak tertibnya pengendara motor di jalan sehingga sering terjadi kemacetan dan kecelakaan di jalan

itu dulu deh, sambil saya sertakan kondisi jalan di kalianak itu seperti apa ya biar temen2 tau

kalianak, kondisi jalanmacet kalianak

jalan di kalianak

hati2 rek

sumber gambar:

http://surabayaonline.co

http://usimages.detik.com

http://www.truckmagz.com

http://www.tribunnews.com

Facebook Comments