Sistem Konstruksi Melintang Kapal Kayu

Pada postingan kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel mengenai sistem konstruksi Melintang kapal kayu . kita sering mendengar kapal kayu tradisional terdiri atas konstruksi kontruksi yang memperkuat kapal itu untuk melakukan operasi. pada kapal kayu, bagian-bagian sistem konstruksi kerangka melintang adalah sebagai berikut:

Dasar kapal terdiri atas papan alas  yang dipasang memanjang. tiap dereran papan disebut lajur. ditengah tengah alas terdapat balok memanjang yang disebut lunas luar (keel). lajur papan alas yang menempel pada lunas disebut lajur pengapit lunas.

Papan alas diperkuat oleh wrang, yaitu balok melintang yang dipasang di atas lunas luar. diatas wrang biasanya ada balok memanjang lain yang disebut lunas dalam atau anak lunas. di kedua samping lunas dalam dapat dipasang papan tebal memanjang yang disebut galar wrang atau galar alas. 

Papan sisi atau papan lambung membentuk sisi kapal dan diperkuat oleh balok tegak melintng bernama gading-gading (frames) gading dipasang tip jarak tertentu sepanjang kapal dan jarak ini disebut jarak gading, gading dapat dibuat dari satu balok saja yaitu gading tunggal atau terdiri dari dua gading bersebelahan yaitu gading berganda. gading gading ini melengkung terus kebawah dan bertemu dengan wrang. pada bagian melengkung ini dipasang satau atau lebih balok memanjang yang disebut galar kim atau galar bilga. galar ini dapat juga berupa papan tebal memanjang. selain itu di bagian melengkung ini beberapa lajur papan sisi dibuat lebih tebal dari lajur-lajur di sampingnya dan disebut lajur bilga atau lajur kim. lajur papan sisi yang bertemu dengan geladak disebut lajur sisi atas dan lebih tebal dari lajur sisi yang lainnya. penebalan ini juga diberikan pada beberapa lajur tepat diatas garis air dan disebut lajur geser (wales).

Geladak dibentuk oleh papan geladak yang diperkuat oleh balok geladak yang melintang. lajur papan geladak yang tepi dipertebal dan disebut tutup sisi geladak. balok geladak dan gading saling dihubungkan dengan suatu balok memanjang bernama galar balok dan tepat dibawahnya ada galar balok bawah. selain itu balok dan gading masih dihubungkan dengan lutut balok. antara galar balok dan galar kim ada galar balok samping.

Sisi kiri dan kanan lubang palkah diperkuat oleh penumpu sisi palka yang letaknya memanjang. pada sisi depan dan belakang lubang ini diperkuat oleh balok ujung palka yang menggantikan balok geladak biasa di tempat tersebut.

Papan sekat membentuk sekat-sekat dan diperkuat oleh balok tegak bernama penegar sekat.

Bangunan atas dan rumah geladak mempunyai susunan yang serupa. kedua dinding samping terdiri dari papan sisi yang diperkuat oleh gading-gading. kedua dinding ujung disebut sekat ujung dan diperkuat oleh penegar sekat, sedangkan papan geladaknya diperkuat oleh balok geladak. pada nama-nama tersebut biasanya ditambahkan nama bangunan atas atau rumah geladak yang dimaksud, misalnya balok geladak akil, sekat ujung rumah geladak dan sebagainya.

Pada geladak diatas kamar mesin dibuat lubang untuk masuknya cahaya dan mesin. lubang palka mesin ini diberi selubung kamar mesin yang menembus semua geladak diatasnya hingga mencapai geladak terbuka. digeladak terbuka ini dibuat jendela kamar mesin yang memang berjendela kaca.

Diujung depan ada linggi haluan yang berupa balok. linggi haluan dihubungkan dengan lunas oleh lutut linggi dan kayumati (deadwood) juga diujung belakang, linggi buritan dihubungkan dengan lunas oleh lutut dan kayumati. linggi buritan dan salah satu kayumati diberi lubang untuk tempat tabung buritan yaitu tabung tempat lewat dan tempat bantalan poros baling baling. jika kapal tersebut bermesin. ada lubang lain lagi pada linggi buritan, yaitu tempat lewat poros kemudi.

Dalam kamar mesin, mesin induk duduk pada pondasinya yang berupa sepasang balok memanjang dan disebut pemikul membujur.

Sistem konstruksi yang dijelaskan diatas disebut sistem konstruksi kerangka melintang karena semua penguat papan dipasang melintang kapal. yaitu wrang, gadin gading balok dan penegar

konstruksi kapal kayu, konstruksi melintang, kapal kayu
gambar konstruksi kapal kayu (sumber:http://educationaltallship.org/graphics/2.png)
konstruksi kapal, konstruksi kapal kayu, konstruksi melintang, kapal kayu
konstruksi melintang kapal kayu (sumber:http://www.sailblogs.com/member/bluecruiseturkey/images/fethiye_fethiye309_scale.jpg)