Macam Macam Marine Surveyor

Karena saya mengajar Mata kuliah Survey dan Inspeksi kapal, saya akan mencoba menjabarkan betapa pentingnya dan luasnya pekerjaan surveyor itu, terutama untuk marine surveyor. Marine surveyor menjadi bagian dari semua pekerjaan yang berhubungan marine survey dan mempunyai latarbelakang dari beberapa disiplin ilmu yang berbeda. tipe-tipe disiplin ilmu nya adalah sebagai berikut:

  1. Disiplin Ilmu Nautical : Perawatan dan kerusakan muatan, investigasi kasualiti, draft (sarat), navigasi, dan peralatan keselamatan
  2. Disiplin Ilmu Engineer:Struktur mesin dan Hull Kapal
  3. Disiplin Ilmu Yacht :konstruksi kayu , GRP, Alloy, Baja dan ferrosemen
  4. Disiplin Ilmu Naval Arsitek :Stabilitas, struktur, dan Desain

Dari penjelasan disiplin ilmu diatas dapat diuraikan lebih lanjut mengenai tipe-tipe surveyor dan apa yang mereka survey. Surveyor diharuskan memahami apa yang mereka tekuni. kebanyakan surveyor ahli di bagian hull dan machinery kapal (operasi dan reparasi kapal). beberapa orang juga menekuni di bidang surveyor klaim muatan seperti: muatan kopi, tea, cocoa, rotan dan baja.

Di beberapa kasus, marine surveyor membutuhkan bantuan ahli lain yang menjadi spesialis di bidangnya. pengetahuan dan pengalaman dari ahli metalurgi,ahli  elektrik , ahli kimia atau bidang lain yang mungkin dibutuhkan untuk membantu marine surveyor untuk menentukan penyebab dari kerusakan atau ketika menghitung kerugian.

Adapun macam macam Surveyor dapat dilihat di bawah ini:

Surveyor Publik dan Private Surveyor

Beberapa surveyor bekerja di sektor pemerintah dan swasta. biasanya surveyor pemerintah dipekerjakan oleh pemerintah . seperti surveyor di Departemen perhubungan yang memastikan peralatan keselamatan pada kapal dan pelaut yang mengoperasikan kapal dalam keadaan yang sesuai dengan peraturan yang ada seperti konvensi SOLAS. biasanya surveyor publik ini lebih berkonsentrasi pada peraturan internasional yang diterapkan ke negara tersebut. berebda dengan surveyor publik, pada private surveyor lebih berkonsentrasi pada commercial area seperti surveyor yang di tugaskan oleh shipowner , penyewa kapal, dan pihak asuransi

Cargo Surveyor (surveyor Muatan)

Surveyor muatan biasanya berasal dari deck officer, atau pelaut yang diberikan pengetahuan tambahan untuk menunjang pekerjaan survey nya seperti: Kimia, engineering, elektronik, hukum, asuransi dan lain lain. pengalaman dalam industri dan bisnis menjadi latar belakang yang penting bagi surveyor muatan ini ketika mereka berkecimpung dalam bisnis shipping. karena muatan di kapal itu bermacam macam, maka pengetahuan dari surveyor ini penting agar  muatan tidak terjadi kerusakan ketika berlayar di laut. hal ini juga berhubungan dengan asuransi muatan yang akan diangkut .

Hull Surveyor

Hull kapal (baca:badan kapal) surveyor biasanya dibagi menjadi 2 kategori yaitu kapal komersil dan kapal mewah. masing masing membutuhkan seorang surveyor yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda yaitu diantaranya: deck officer, marine engineer yang biasanya menangani kapal komersil, sedangkan untuk kapal mewah biasanya dari backgound surveyor kapal kecil. hull surveyor sendri dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu: surveyor class, surveyor salvage dan surveyor konsultan

  • Classification Society Surveyor

Tujuan dari adanya surveyor class adalah untuk memastikan standard  konstruksi dan mesin kapal yang sesuai dengan rule yang telah ditetapkan oleh pihak klass, mereka ditugaskan oleh pemilik kapal untuk melakukan survey yang bersifat independen yang bertujuan untuk menjaga konstruksi dan maintenance kapal, untuk mengeluarkan sertifikat untuk kapal mereka. sertifikat ini akan dipakai untuk persyaratan untuk asuransi kapal.

Fungsi kedua dari klass surveyor adalah sebagau badan yang mengeluaran sertifikat statutori yang berhubungan dengan keselamatan di laut. pemerintah mempunyai tugas dibawah konvensi SOLAS untuk mengeluarkan sertifikat keselamatan untuk kapal yang berbendera di negara sendiri. kalau untuk di Indonesia terdapat badan syahbandar yang memegang masalah sertifikat peralatan keselamatan.

Surveyor yang menjadi pekerja waktu penuh biasanya disebut ‘exclusive Surveyor’ sebaliknya yang non full time disebut ‘non-exclusive’ surveyor.

Meskipun 2 tugas dari klasifikasi telah disebutkan diatas, tidak jarang klasifikasi diminta oleh pihak asuransi untuk melakukan pekerjaan survey atau oleh pihak ketiga yang mengalami kecelakaan. laporan mereka biasanya mengikuti pekerjaan survey untuk menginvestigasi kerusakan kapal.

Di beberapa tahun terakhir standard dari beberapa klasifikasi dipertanyakan karena banyak kapal yang tidak memenuhi standar . uang dan waktu tidak menjadi pertimbangan utama pada standard klasifikasi sekarang ini melainkan karena tekanan kebutuhan komersial membuat pekerjaan klasifikasi bertambah sulit berkali lipat. terutama ketika pemilik kapal tidak memperhatikan pentingnya keselamatan kapal.

Beberapa badan klasifikasi yang terhormat membentuk sebuah badan yang bernama IACS (International Association Classification Society) yang bertempat di London, beberapa tahun lalu yang bertujuan untuk mengenalkan beberapa penyempurnaan pada peraturan di konstruksi dan bekerja lebih dekat untuk mempertahankan dan meningkatkan standar dari konstruksi dan survey. hal ini menjadi penting karena beberapa klasifikasi lebih mementingkan harga diri bangsa dari pada komitmen terhadap standard.

Dibawah IACS banyak peningkatan yang telah dicapai standar konstruksi, maintenance dan survey dari kapal bulk carriers yang telah menjadi perhatian khusus karena telah beberapa kali terjadi merenggut nyawa awak kapal.

  • Salvage Association Surveyor

Salvage Association Surveyor merupakan asosiasi surveyor yang ada di Inggris yang berdiri pada tahun 1856 adalah organisasi yang dibangun awalnya oleh Lloyd’s dan underwriter, shipowner dan pedagang. peran dari asosiasi ini adalah melindungi kepentingan subyek yang timbul akibat pengiriman barang baik asuransi laut atau pun non laut maupun penerbangan. beberapa tahun badan ini dikelola oleh Lloyd’s dan institute of London Underwriters tapi pada tahun 2001 organisasi ini dijual kepada BMT (British Maritime Technology Ltd. (for info lebih lanjut lihat : http://www.bmt.org/)

  • Consultant Surveyor

Banyak perusahaan, bahkan individual yang menawarkan layanan surveyor sebagai konsultan surveyor kepada underwriter, pemilik kapal, penyewa kapal, penerima barang, P&I club, pengacara dan pihak lain yang berhubungan dengan dunia marine.

Surveyor yang lain

ketiga group surveyor diatas merupakan inti dari surveyor dunia yang ada pada klaim untuk hull maupun kargo, namun ada beberapa  surveyor lain yang scoupe nya lebih kecil yang tidak membutuhkan level kemampuan tertentu

Sumber:Surveying Marine Damage – A Handbook for Marine Surveyors and loss adjuster and guide for underwriters, shipowners, lawyers particularly for insurance claims by Capt. C.B. Thompson, R.D 2006

Facebook Comments