Tragedi Bulan Haji

Yap Judul diatas saya pilih karena akhir-akhir ini terdapat beberapa kejadian di tanah suci ketika Ibadah Haji sedang berlangsung. setiap Tahun Jutaan umat muslim dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji, ibadah rukun islam yang ke lima , untuk yang mampu.  tidak dipungkiri karena jatah haji hanya 0.1% dari penduduk sebuah negara. itu berarti ada 200.000 orang dari Indonesia yang menunaikan haji tiap tahunnya (namun untuk jatah tahun ini hanya sekita 175.000 orang)

Pada hari Jumat, terjadi hujan angin dan badai pasir disertai kilatan yang akhirnya membuat sebuah crane jatuh di masjid. yang membuat 110 orang meninggal dunia, 11 diantaranya adalah Warga negara Indonesia.

Setalah tragedi jatuhnya crane di masjidil Haram , ternyata pada tanggal 24 September 2015 terjadi sebuah tragedi di Mina, sekitar 717 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka akibat terinjak injak ketika mau melakukan ibadah lempar jumrah. adapun untuk korban WNI adalah 14 Jamaah WNI yang meninggal dunia dan ratusan lainya masih belum kembali ke maktab.

Imbas dari kejadian kejadian ini cukup beragam mulai dari beberapa mahasiswa yang kuliah di Arab saudi menyalahkan iran yang notabene negara syiah. kemudian iran yang menyalahkan Arab saudi karena dianggap gagal dalam melayani para tamu Allah.

saya berharap ke depannya pelaksanaan haji lebih baik dan tidak terulang kembali kejadian kejadian pada tahun ini amin.

Tags: