Tentang Proposal Tugas Akhir

hari ini ada beberapa mahasiswa yang maju ke saya , mau konsultasi masalah judul tugas akhir yang akan mereka ambil di semeseter depan. biasanya sebelum ambil tugas akhir mereka diharuskan mengambil mata kuliah metode penelitian yang berisikan bagaimana cara mengerjakan tugas akhir secara ilmiah dan sesuai dengan peraturan yang ada di kampus ITS. di akhir perkuliahan MP tersebut biasanya mahasiswa diharuskan membuat sebuah proposal tugas akhir yang biasanya juga proposal tersebut akan diajukan pada saat tugas akhir.

nah biasanya itu juga mahasiswa kebingungan bagaimana mennentukan judulnya , oleh karena itu ane kasih beberapa tips untuk mahasiswa mahasiswa q khususnya dan mahasiswa orang lain pada umumnya :

1. Mencari di Lapangan

biasanya ketika mahasiswa sebelum mengambil tugas akhir, mahasiswa diharuskan mengambil kerja praktek di lapangan dimana mahasiswa harus bekerja di lapangan, scope of work mahasiswa teknik perkapalan biasanya di galangan kapal, baik itu galangan kapal reparasi maupun galangan kapal baru. kalo ga di galangan opsi lain biasanya mahasiswa teknik perkapalan mengambil kerja praktek di perusahaan pelayaran, biro klasifikasi dan perusahaan oil and gas. nah dari situ biasanya mahasiswa dapat mengambil kira kira permasalahan apa yang bisa dipecahkan oleh mahasiswa tersebut melalui tugas akhirnya . biasanya mahasiswa tersebut berkonsultasi dengan orang yang ada di perusahaan (biasanya top management)

2. Mencari Studi Literatur

Yup cara yang kedua adalah melalui studi literatur, yaitu dengan membaca tugas akhir yang sudah dikerjakan atau pun melalui jurnal jurnal yang ada , oh ya di ITS terdapat situs-situs jurnal online yang dapat diakses gratis yaitu diantara nya

  • Sciencedirect.com

  • http://www.ieee.org/ieeexplore

  • http://infotrac.galegroup.com/itweb/idits

  • http://search.ebschohost.com/

  • http://www.rina.org.uk/

jadi sangat rugi kalo ada anak ITS tidak memanfaatkan fasilitas yang tersedia yah , hhohooo

oke caranya adalah biasanya ketika mengerjakan tugas akhir, ada batasan masalah dan saran saran yang ditulis untuk penelitian selanjutnya , nah ini yang kalian ambil. atau tidak gitu kalian bisa menggunakan metode yang berbeda dengan tugas akhir yang sudah ada , ini mungkin lebih mudah .

3. Mencari Judul Melalui Dosen

Yup bener cara yang termudah setelah 2 langkah diatas mentooook, g ada yag bisa diambil, yaitu dengan cara mencari judul melalui dosen. dosen biasanya mempunyai pohon penelitian ataupun proyek yang sedang dikerjakan sehingga mahasiswa dapat mengambil tugas akhir melalui cara ini

demikian tulisan saya mengenai bagaimana cara mencari judul tugas akhir,

jika ada salah kata saya mohon maaf ya guys. see you in another time

Facebook Comments

Tags: