Adab Murid

Tulisan ini saya dedikasikan kepada saya pribadi, dan mahasiswa yang saya ampu. sebagai pengingat bahwa ada kewajiban sebagai murid yang harus dilakukan yang berupa adab / akhlaq sebagai murid. ga hanya butuh murid yang pinter saja / ahli dalam keilmuannya tapi sifat adab ashor terhadap ilmu dan gurunya itu juga diperlukan.

tulisan ini merupakan kutipan dari sebuah buku yang berjudul “tak cukup hanya berilmu, menjaga ilmu dengan adab” karangan syaikh jamaluddin al Qosyimi ad Dimasyqi.

Imam Malik berkata ” Jadikan Ilmu layaknya garam, dan adabmu layaknya tepung” , kata-kata imam malik ini mengindikasikan kalo kita membuat roti atau makanan, maka harus ada kombinasi antara tepung dan garam, tp ketika garamnya terlalu asin maka makanan itu pun menjadi tidak enak, dan seharusnya tepungnya yang lebih banyak dibandingkan garam.

oke berbicara mengenai adab murid nanti tulisannya dibagi menjadi beberapa bagian yak. yang pertama adab murid secara umum dulu saja :

Adab Murid

Adab terpenting yang harus dimiliki oleh seorang murid adalah meminta petunjuk kepada guru yang suka memberi nasihat, bijaksana, murah hati dalam memberikan ilmunya dan sabar dalam menyampaikan ilmunya. seorang murid juga harus cinta pada ilmu dengan kecintaan mendalam untuk meraih keutamaan-keutamaan ilmu dan memperoleh manfaat darinya. ia juga harus membuat senang para guru, dan mengamalkan nasihatnya dan tidak menuntut ilmu dengan perasaan ragu atau ingin dipuji orang lain, sebab jika orang ragu dengan ilmu, maka ia akan sia-sia dan tidak akan memperoleh manfaat. perasaan ragu adalah sikap yang rendah dan tidak akan melahirkan kemajuan, seorang murid juga harus mempelajari ilmu secara bertahap dari awal hingga akhir. barang siapa yang tidak memulai pelajaran dengan baik dan juga mengakhirinya dengan tidak baik, maka ia tidak akan bisa berkonsentrasi atau melakukan kekeliruan yang fatal sehingga termasuk dalam orang yang rela dengan tipu daya nafsunya dan merasa puas dengan tipuan inderanya. sorang murid juga tidakboleh mengenal lelah dalam menuntut ilmu dan senantiasa menggunakan kesempatan untuk mendapatkan ilmu. banyak orang yang membuang-buang waktunya dengan percuma dan menyia-nyiakan karunia yang dimilikinya. seorang murid juga tidak boleh meninggalkan pelajaran yang diangapnya sulit, karena hal itu merupakan perbuatan para pecundang. seorang murid juga harus banyak berdiskusi untuk memperoleh ilmu yang belum dia ketahui dan menjaga ilmu yang sudah diketahuinya, tidak berhenti mengasah otak dan kecerdasannya, karena ketekunan akan memecahkan kesulitan dan menghancurkan rintangan. seorang murid juga tidak boleh mengalihkan perhatiannya dari menuntut ilmu karena banyaknya harta yang ia dapatkan, tidak juga karena pengaruh kekuasaan dan juga jabatan yang tinggi. sebab, barang siapa memiliki kekuasaan, maka ia justru akan lebih banyak membutuhkan ilmu. sorang murid juga tidak boleh terhalangi oleh urusan mencari nafkah. seorang murid juga harus menjadikan kepribadiannya senantiasa dipenuhi dengan kemuliaan ilmu dan agama, berusaha menulis setiap perkara yang ia dengar dengan melakukan pembahasan lebih mendalam lagimemutuskan hukumnya berdasarkan hukum syari’at, membuat anekdot yang unik dalam tulisannya dan menyampaikan kisah yang indah sebagaimana dilakukan olrh orang salaf terdahulu. mereka senantiasa mengingat hal tersebut dan tidak pernah melupakannya. seorang murid juga harus memperhatikan tulisannya, memiliki pena yang bagus (dalam hal ini peralatan mencari ilmu-red) menjaga hafalannya agar tidak melakukan kesalahan, senantiasa membawa agenda dalam sakunya untuk menuliskan hal-hal penting dan berharga yang ia dengar dari siapapun. sebab, meremehkan hal-hal yang berfaedahakan menimbulkan kerugian besar.

Rasulullah bersabda “ilmu bagaikan binatang buruan. oleh karena itu, tulisan adalah pengikatnya”

sekian adab murid secara umum, nanti akan dilanjutkan mengenai adab murid dalam belajar, adab murid  dihadapan guru, adab murid dalam kelas, adab murid dengan teman sekelas dsb.

sumber gambar :http://www.rumahkeluargaindonesia.com

Facebook Comments