Adab Belajar

saya kadang tergelitik ketika mahasiswa ITS pas kuliah sering mengantuk ketika dosennya mengajar di kelas, ketika saya tanya menapa hal itu bisa terjadi, dia menjawab bahwa dia begadang , belajar (atau yang lain?) sehingga ketika dia belajar di kelas mengantuk. sebenernya tidak salah juga, beberapa mahasiswa mempunyai pola belajar masing masing. ada yang serius ketika tengah malam. ada juga di sore hari dll. tapi terlepas dari semua itu saya mempunyai pandangan sendiri berikut ini adalah tips tips dari saya mengenai belajar.

1. Pelajari silabus mata kuliah

Ketika Mahasiswa memilih mata kuliah tersebut sebaiknya mahasiswa meminta silabus mata kuliah yang ada. biasanya silabus ini bisa di minta di Tata usaha atau administrasi jurusan. mengapa harus silabus?karena pada silabus ini berisikan secara garis besar mata kuliah itu berisi apa ? trus akan diajarkan diminggu keberapa dan serta buku acuan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa sehingga mahasiswa bisa menyiapkan apa yang akan dipelajari.

2. Pelajari Materi sebelum tatap muka dengan Dosen

sebelum masuk ke kelas, sebaiknya mahasiswa mempelajari apa yang akan disampaikan oleh dosen melalui acuan dari silabus dan buku acuan yang digunakan, sehingga mahasiswa lebih siap dalam menerima materi yang diberikan dan apabila ada yang ditanyakan atau tidak faham, maka mahasiswa lebih siap untuk pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan, dengan begitu pertemuan di kelas bukan hanya satu arah saja tetapi juga dua arah dan lebih interaktif.

terkadang mahasiswa di ITS malu malu untuk bertanya , kemungkinan ada2 yaitu sudah faham atau tidak faham sama sekali. oleh karena itu persiapkan materi sebelum kuliah berlangsung yak.

3. Ketika Dikelas

Ketika di kelas , usahakan bertempat di depan sehingga lebih mudah menerima pelajaran dari dosen, catat yang penting dari perkuliahan tersebut. kalo bisa gunakan mind map diagram. mind map diagram adalah diagram yang digunakan untuk memvisualisasikan informasi. mindmap sering dibuat pada konsep yang disertai gambar-gambar, kata kata dan beberapa garis garis yang menghubungkan idea.

4. Seusai Kelas

Biasanya kalo kelas sudah usai,mahasiswa tidak terbiasa untuk mengingat matei apa yang diterima di kelas. apalgi catatan yang telah dibuat tidak jelas karena cepatnya dosen menerangkan, oleh karena itu disarankan seusai kelas, mahasiswa diharapkan mencatat kembali apa yang diterima tadi, biasanya dari mind map diagram yang dibuat dicoba diuraikan dalam kata kata, sehingga lebih mantap untuk dijabarkan.

Mahasiswa  juga jarang untuk melakukan diskusi apa yang diterima setelah kuliah. jadi tujuan dari diskusi ini adalah memberikan tanggapan dan membahas persoalan pada kuliah tersebut.

5. Menghadapi UAS

Dalam menghadapi UAS biasanya mahasiswa menggunakan sistem kebut semalam,ini merupakan cara yang tidak efektif,lebih baik membaca materi secara rutin jauh jauh hari sebelum ujian berlangsung. jadi saran saya sebelum masukke perkuliahan, materi sebelumnya dibaca terlebih dahulu sehingga nyambung dengan materi yang akan diterangkan.

nah diatas merupakan tips tips dari saya ketika belajar, sekarang kita akan membahas mengenai adab belajar. menurut buku “Tak cukup hanya berilmu: menjada ilmu dengan adab” karangan Syaikh Jamaluddin al-Qasimi ad Damsyiqi mengatakan bahwa

Seseorang murid harus bekerja keras untuk menambabah wawasannya, banyak membaca pelajarannya, tidak merasa bosan untuk menghafal dan menjaga hafalannya, tidak lalai mencatat hal-hal yang penting di samping menghafalkannya. Sebab, keraguan mudah terjadi dan lupa bisa datang tiba-tiba. Senantiasa membahas pelajaran dengan mendalam dan membina kekuatan pemikirannya dala berargumentasi bisa menumbuhkan kecintaan pada ilmu dalam dirinya.

Hal penting yang harus diperhatikan seorang murid adalah ketekunan dan kesabaran, tidak plin-plan dan cepat merasa bosan. setiap usaha yang dilakukan pasti memerlukan ketekunan, seperti orang yang memintal benang. Rintangan-rintangan yang menghadang hanya bisa disingkirkan dengan ketekunan, karena dunia adalah arena tempat segala keinginan berkompetisi dan tempat manusia berlomba merealisasikan keinginannya. Barangsiapa menjadi orang yang terdepan, maka ia akan mendapatkan kemenangan dan memperoleh kebahagiaan. Kekuasaanya akan berada di puncak. Barangsiapa tertinggal , maka kekuasaanya akan berada di bawah dan akan hidup dalam kerendahan dan kehinaan. kemenangan hanya akan bisa diraih dengan ketekunan dan jalan menuju keberhasilan hanya bisa ditempuh dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Dituturkan dari Kisra bahwa ia ditanya, ” Mana anakmu yang paling engkau cintai?” Ia menjawab “Anak yang paling kucinta adalah anak yang paling bagus adabnya, paling merasa cemas dengan aibnya, dan paling ingin mencapai keadaan yang lebih baik”

Sungguh indah ucapan seorang pemimpin zaman dalam menasehati anak saudara perempuannya, ” Engkau adalah anakku selama ilmu menjadi peganganmu, sekolah adalah tempatmu, tinta menjadi temanmu dan buku adalah sahabatmu. Jika engkau bermalas-malasan, maka aku tidak akan menjagamu dan aku bukanlah pamanmu lagi, Selamat tinggal”

Tags: